The Colors of my Lifetastic

The Colors of my Lifetastic

Deteksi Dini Kanker Payudara

Deteksi Dini Kanker Payudara

SADARI

Deteksi dini Kanker Payudara sangat penting dan dianjurkan kepada setiap wanita.  Salah satu cara untuk melakukan deteksi dini adalah dengan SADARI.  

SADARI adalah kependekan dari Periksa Payudara Sendiri.  SADARI sangat mudah dilakukan dan tidak memakan waktu lama.  SADARI sebaiknya dilakukan tujuh sampai sepuluh hari setelah menstruasi selesai karena pada saat itu payudara dalam keadaan lunak sehingga mudah dikenali jika ada suatu kelainan atau benjolan.  SADARI bisa dilakukan disaat sedang mandi, disaat sedang berdiri didepan cermin, atau pada saat berbaring.

Jika ditemukan benjolan atau sesuatu yang tidak biasa pada payudara pada saat melakukan SADARI, segera kunjungi dokter dan berkonsultasi.  Pada saat konsultasi, dokter akan melakukan pemeriksaan ulang dan untuk hasil yang lebih terperinci kemungkinan dokter menyarankan pemeriksaan melalui Mammografi.

Tehnik dan langkah-langkah melakukan SADARI 

Video cara SADARI untuk skrining Kanker Payudara

Deteksi Dini Kanker Payudara

Cara SADARI

Saat Mandi

Gunakan tiga ujung jari, jari telunjuk, tengah, dan jari manis.  Tekan perlahan permukaan payudara dan raba dengan cara melingkar dari atas ke bawah, dari tengah ke samping, sampai area ketiak. Lakukan langkah ini pada kedua payudara dan rasakan apakah ada benjolan.  Selain pola melingkar, juga bisa dilakukan dengan pola diagonal.

Di Depan Cermin

Pemeriksaan dengan mengamati bentuk payudara di depan cermin.  Berdirilah didepan cermin dengan bahu lurus sejajar dan kedua tangan bertolak pinggang.  Perhatikan bentuk, ukuran, dan warnanya. Kelainan yang mungkin ditemukan seperti kerutan, benjolan, lekukan, posisi puting yang tidak normal, atau struktur kulit yang tidak normal (merah, kasar, berkerut), atau bahkan terasa nyeri. Angkatlah kedua lengan untuk melihat kelainan bentuk payudara lagi. Perhatikan apakah kedua payudara terangkat bersama-sama.

Berbaring

Pemeriksaan dalam keadaan berbaring.  Ganjal separuh punggung (sisi payudara yang akan diperiksa) dengan bantal. Taruhlah tangan dibelakang kepala. Lalu gunakan ujung jari tangan yang berlawanan untuk memeriksa dengan cara sama seperti pada cara nomor satu.

Periksa Area Penting Payudara

Peras puting Anda secara perlahan, lihatlah apakah ada keluar cairan berwarna putih, atau kekuningan, atau bahkan darah.

Ditulis oleh:  Lestari Putri, dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

Sharing is caring


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!